Satelit Nusantara Satu Tersambung dengan Palapa Ring di Indonesia

Satelit Nusantara Satu Tersambung dengan Palapa Ring di Indonesia
Satelit Nusantara Satu Tersambung dengan Palapa Ring di Indonesia

Satelit Nusantara Satu Tersambung dengan Palapa Ring di Indonesia, satu lagi kebanggaan kita di tahun 2019 ini yaitu dengan peluncuran satelit Nusantara Satu oleh PT Pasifik Satelit Nusantara. Satelit broadband pertama di Indonesia dengan teknologi High Throughput Satellite (HTS) berhasil lepas landas dengan mulus hari Kamis jam 20.45 di Amerika Serikat atau jam 08.15 waktu Indonesia dari Cape Canaveral Florida dengan menggunakan roket Falcon 9 dari Space X menuju orbit tepat diatas Pulau Papua Barat wilayah negara kesatuan Republik Indonesia.

Satelit nusantara satu dengan kapasitas transpoder besar dapat diakses oleh 25juta orang

Satelit Nusantara Satu adalah satelit komunikasi geo stationer, memiliki kapasitas 26 transpoder C-band dan 12 transponder Extended C-brand serta 8 spot beam Ku-band dengan total keseluruhan kapasitas bandwith mencapai 15 Gbps dengan cakupan area hingga keseluruh wilayah Indonesia. Diharapkan dengan peluncuran satelit Nusantara Satu dapat membantu tercapainya swasembada broadband di Indonesia. Artinya mampu memenuhi kebutuhan internet broadband di Indonesia dengan infrastruktur buatan local. Ditergetkan sekitar 25 juta orang Indonesia akan mendapatkan akses dengan terkoneksi ke internet. Diantaranya adalah UMKM / Usaha Menengah Kecil, warung-warung, Lembaga Pendidikan, Lembaga Kesehatan Masyarakat dll. Akses internet ini juga bukan untuk kota-kota besar akan tetapi juga sampai ke pelosok desa maupun daerah terpencil sekalipun (25.000 desa).

Satelit Nusantara Satu Tersambung dengan Palapa Ring di Indonesia
Satelit Nusantara Satu Tersambung dengan Palapa Ring di Indonesia

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin canggih, dulu seseorang mau memasarkan produknya dengan melakukan tinjauan pasar langsung, observasi kadang perlu melaukan pemasaran door to door kerumah dan ujung-ujungnya perusahaan harus mengeluarkan ektra uang untuk melakukan itu semuanya dengan harga mahal. Diera digital sekarang ini sudah mulai ditinggalkan yang harus mengeluarkan biaya dan waktu dimana semuanya telah beralih ke digital, semua transaksi, riset, promosi sudah dilakukan secara online. Sehingga diera  modern ini tumbuh subur peluang usaha internet marketing menjadi seorang publisher pengiklanan.

Sesuai dengan nawacita dari Presiden kita Bp. Joko Widodo dalam mewujudkan tol langit maka akan membuka peluang usaha baru digitalisasi bagi usaha kecil sampai menengah. Tumbuh suburnya unicorn-unicorn baru di Indonesia dalam memasarkan produk-produk buatan dalam negeri yang berkwalitas. Serta di segala macam bidang sektor parawisata, pertanian, perikanan, perkebunan, peternakan dll dapat memasarkan produknya melalui e-commerce. Tidak ada lagi biaya tinggi yang dibebankan dari petani sampai ke konsumen dalam membeli produknya. Yang akhirnya bisa mencapai negara yang kompetitif, kredible dan bisa terwujudnya INDONESIA MAJU.

Baca:

Kereta MRT Jakarta Sebentar Lagi Akan Diresmikan Maret 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *